Cacar Air pada bayi




Ini berdasarkan pengalaman pribadi


anak gue yang belum berusia 1 tahun terkena cacar air, anak pertama pula.
Panik tentunya, serba salah juga, karena selama ini gue agak anti ke dokter anak.
Karena hampir sebagian besar dokter anak sering memberikan obat antibiotik ke anak, walaupun sebenarnya penyakitnya tidak butuh antibiotik.


Seperti yang tentunya ibu-ibu ketahui, semakin sering kita mengkonsumsi obat-obatan antibiotik, tentu si virus akan menjadi kebal, sehingga dosis nya harus lebih tinggi. bayangkan kalau dari bayi saja sudah mengkonsumsi obat antibiotik, ketika ia besar nanti, berapa dosis antibiotik yang harus diberikan ke anak kita?


Tapi untungnya, gue dapet dokter atas rekomen dari kakak ipar gue.
Dokter yang sangat hebat buat gue. Karena dokter ini tidak pernah memberikan obat untuk para anak-anak yang sakit. kecuali yang membutuhkan tentunya.
Dan yang menyenangkan juga, Jam praktek dokter ini jelas, + kalau mau datang periksa, harus melalui telepon dulu agar bisa diatur waktunya.


Bagus untuk si anak-anak tentunya, jadi ketika kita datang, yah langsung masuk untuk periksa, kalaupun molor (jarang banget) paling lama pun 5 menit. Daripada ngantri di rumah sakit yang pasien antriannya gak jelas berpenyakit apa ajah...tau-tau anak kita yang harusnya batuk terjangkit penyakit lainnya karena banyak pasien lain yang antri.


Nah singkat cerita, ketika terdiagnosa terkena cacar air, si dokter cuma menyarankan beli BEDAK salisil...hehehe...bedak keluaran puluhan tahun lalu, tapi masih sangat berkhasiat.


Sang dokter tidak memberikan obat apa-apa untuk bayi gue. hanya bedak yang dipakaikan beberapa jam sekali, supaya bintik merahnya cepat hilang + dibanyakin makan buah jeruk supaya gak terkena penyakit lain, seperti pilek atau batuk yang terkadang menyertai si penyakit cacar ini.


Sang dokter juga mengatakan, penyakit cacar pada bayi sangat ringan, hanya bercak-bercak merah, tidak disertai demam maupun rasa gatal. Tidak seperti orang dewasa yang lebih parah (demam, gatal, badan ngilu, bahkan bisa sampai menyebabkan gagal jantung atau pneumonia, serem yah ^^ itulah makanya butuh vaksin cacar sejak bayi ^^)


Jadi, jangan keburu panik lantas menerima obat-obatan yang diberikan para dokter anak ketika anak bayi kita terjangkit penyakit cacar.
Cukup beli bedak salisil ajah bu, gak nyampe Rp.5000 harganya + buah jeruk...
3 hari kemudian, kulit bayi lucu kita pasti sudah bersih dan tidak berbekas karena cacar.


Semoga info ini membantu ^^

2 comments:

  1. mom ini anak saya juga kayaknya kena cacar, mau tanya itu dikasih bedak salisil di kasih air atau bedak langsung? trus boleh mandi tidak? pantangannya apa?

    ReplyDelete