I do Love Indonesia, but...

SNSD - Girls' Generation
Indonesiakuuu....Hadeh!!!

Beberapa hari ini saya mendapatkan berita yang menyebalkan mengenai plagiat...ckckckck
Suami saya sampai bilang, "Kayaknya cerita artisnya lagi menjijikkan banget deh".

Tidak...kami mencintai Indonesia dengan segala kekurangan dan kelebihannya, tetapi kali ini kami malu, sebagai seorang warga negara Indonesia. 

Pertanyaan kami adalah

MENGAPA HARUS PLAGIAT SAAT SEBENARNYA BANYAK WNI YANG KREATIF!!

Saat ini berita yang lagi gempar, atau bisa dibilang mencuat ke permukaan lagi adalah mengenai CherryBelle yang jelas-jelas plagiat SNSD atau Girls' Generation, girl band asal Korea.

Chibi - Cherry Belle
Pertama kali CherryBelle dibilang plagiat adalah karena jumlah personilnya yang sama dengan SNSD, dimana label yang menaungi SNSD meminta mereka utuk merubah formasinya yang sudah pasti diacuhkan sama label yang menaungi CherryBelle.

Mungkin bagi yang tidak tahu, SNSD itu sudah dikenal luas ke mancanegara, termasuk pasar musik Amerika dan Eropa. mereka dikenal dengan formasinya juga, jadi 9 personil girl band identik dengan SNSD.

Seakan ini belum cukup, sekarang mereka mengikuti lagunya SNSD.

Liriknya mungkin berbeda, tetapi chord nya sama persis. Astaga!!!
Dibeberapa tempat dan komunitas-komunitas online hal ini telah dibahas bagaimana CherryBelle sukses menjadi plagiat.

Ini lagunya SNSD yang Kissing You (Video Cr. By SM Enterteinment)


Saya sendiri sebenarnya bukan pemerhati musik, dan saya tidak terlalu peduli dengan boy/girl band yang baru-baru, karena kiblat mereka yang ke K-Pop.
Tetapi karena keponakan saya yang beranjak ABG dan kakak ipar saya yang seorang wartawan, jadi saya kurang lebih tahu mengenai CherryBelle, dan sejauh ini saya merasa CherryBelle sudah cukup terkenal dibanding dengan para boy/girl band berkiblat K-Pop lainnya.

Cherry Belle - Forever Friend (Video Klip aslinya gak nemu, Video cr. by tag)


Jadi saya merasa sayang saja, mengapa pada akhirnya mereka merusak nama mereka dengan menjadi plagiat (Maksudnya, mengapa si PRODUSER yang INGIN CEPAT KAYA memudahkan jalannya dengan menjadi PLAGIAT!!)....

Yang lebih memalukan lagi, dua personil SNSD menulis di Twitternya mengenai Plagiat ini, sesuai yang beritakan di salah satu komunitas Online :

Yuri - SNSD :
"Saya minta maaf Indonesia. Tapi terus terang saya kecewa dengan Anda, Indonesia. Wajah warga Indonesia memiliki karakteristik khusus yang membuat Anda menarik. Anda harus dapat membuat lagu sendiri tanpa plagiarisme. Saya ingin Indonesia menjadi lebih banyak orang kreatif seperti Agnes Monica yang namanya sekarang sangat terkenal di seluruh dunia. saya tahu bermain di industri musik Indonesia lebih mudah daripada di Korea. Saya yakin jika Anda ke girlband Korea, Anda tidak akan lebih terkenal daripada di Indonesia. sangat bersyukur memiliki banyak penggemar tapi lebih baik untuk membuat lagu sendiri daripada meniru artis lain. kan? – Yuri Kwon(ini translate bahasa Indonesia).

Seohyun - SNSD: 
"Saya mendengar bahwa salah satu girlband disebut Cherry Belle dari Indonesia telah membuat plagiarisme melihat gaya kami. Nada salah satu lagu mereka sangat mirip dengan nada lagu kami Disebut Kissing you.Saya kecewa dengan industri musik Indonesia yang tidak bisa menjadi kreatif. apakah kita harus menyertakan nama Indonesia dalam tur konser kami? kita masih ragu untuk menempatkan Indonesia dalam daftar Tur konser kami.”

Kebayang kan, follower mereka gak cuma dari Korea, tetapi dari seluruh dunia...dan mereka semua bisa membaca ini...betapa merusak nama Indonesia cuma karena kelakuan satu Label Musik!

Mr. Bean kesurupan DEPE


Bukan cuma itu, 
Pasti kalian tahu mengenai film si ratu (sok) seksi DEPE yang menggunakan embel-embel Mr. Bean bukan?
Memang ia tidak pernah menuliskan nama Sir Rowan Atkinson yang merupakan pemeran Mr. Bean di poster Filmnya, tetapi tetap saja, menggunakan embel-embel nama Mr. Bean ditambah tulisan teaser di Posternya yang mengatakan, "Dewa Komedi" bisa membuat ornag salah mengiranya.

Salah siapakah Indonesia menjadi plagiat?
Begitu banyak orang kreatif di Indonesia, kemanakah mereka? 
Akibat tidak pernah diakui oleh negaranya sendiri banyak yang berpindah keluar negeri.
Mengapa begitu banyak produser menggampangkan segala sesuatunya demi mendapat uang? 
Seperti film asal-asalan, lagu nyontek, mengumbar keseksian dan lainnya...mengapa?
Apakah orang Indonesia sendiri yang lebih menyukai film seperti itu atau karena biaya produksinya sangat murah?

Banyak juga film Indonesia yang bagus....tetapi karena kelakuan produser-produser asal yang mengejar kekayaan akhirnya film-film Indonesia semakin berkurang lagi pamornya!
Jangan sampai kejadian dahulu dimana tidak ada film Indonesia yang bisa masuk ke cinema berkelas cuma karena isi ceritanya asal.

In the End...
Saya berharap Indonesia bisa menjadi dirinya sendiri. Indonesia itu punya ratusan budaya, adat dan ratusan juta orang. Sebagai negara keempat terbanyak penduduknya, Negara kita tidak mungkin kekurangan orang kreatif...Jadi hentikan PLAGIAT


Video cr. by tag
Image cr. by tag
(saya tidak memiliki kredit atas gambar serta video tersebut diatas)

4 comments:

  1. Udah dua kali ini aku membaca tentang aksi plagiat cerrybelleee,,, sangat disayangkan...

    Aku miris juga, ABG sekarang lebih ngerti dan cinta kebudayaan lain spt budaya korea dari pada Indonesia.. ckckckck

    ReplyDelete
  2. Iya bunda..bener banget...itu yang bikin saya sebel..
    kenapa mesti plagiatin punya orang padahal Indonesia itu kaya banget...
    Dan sy bahkan punya temen2 komikus Indonesia yang kreatif2 banget...tapi mereka gak dipandang sama sekali...*SEDIH huaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah.. kenapa banyak plagiat di Indonesia dan Indonesia ga maju2... Banyak anak bangsa yang kreatif dengan karya sendiri tapi ga dihargai ma bangsa sendiri :( Sedih rasanya..

      Dan pada akhirnya, anak bangsa yang pinter2 dan kreatif2 malah lebih dihargai dan berkembang di negeri orang... Mirissss

      Delete
    2. benar...smoga Indonesia suatu saat akan berubah yah...Amin

      Delete