Don't judge them before you know the reason

smash_cherrybelle_girlband_boyband_indonesia_plagiat_modal tampang_pencontek_bajakan
SMASH & Cherrybelle

Seringkali saya mendengar :

Boy/Girl Band Indonesia norak
Bisanya cuma nyontek
jual tapang doank
Pada gak bisa nyanyi, Semuanya ngepas

Walaupun memang kenyataan...(Maklum saya pun bukan penyuka boy/girlband), TETAPI sebelum kalian mengeluarkan sumpah serapah...coba deh dilihat latar belakang mengapa mereka seperti itu.

Dengan iklim ekonomi negara Indonesia, memang memungkinkan keadaan mereka menjadi menyedihkan.

Kata-kata saya membingungkan yah?
Jadi begini....saya berikan ALASAN UTAMA mengapa mereka mengambil cara gampang untuk menghasilkan uang.

Jumlah bajakan yang tidak tanggung-tanggung, sehingga mereka tidak bisa menjual album yang mereka buat dengan sepenuh hati dengan baik, karena toh album asli akan sedikit terjual sedangkan album bajakan yang laku terjual.

Nah karena alasan itulah, maka hal-hal mendasar sangat sulit dilakukan, ini nih contoh-contohnya :

1. LATIHAN VOKAL!!!! kenapa nyanyinya pada ngepas? boro-boro punya uang untuk latihan bukan? Tidak seperti K-Pop yang para idol nya sebelum debut harus latihan bertahun-tahun.
Cara latihan seperti itu akan terbayarkan setelah mereka debut, hanya dalam jangka waktu 2 tahun paling lama.

TETAPI di Indonesia, cara latihan seperti itu akan menjadi beban seumur hidup. MENGAPA? Karena album asli terjual sedikit, sedangkan album bajakan yang tidak masuk ke kantong si artis itu terjual lebih banyak!

SEPOPULER apapun album mereka, uang yang mereka dapatka tidak sesuai dengan waktu dan uang yang mereka buang untuk latihan.

JADI daripada membuang uang hanya demi RUGI, lebih baik tampil seadanya, yang penting punya modal TAMPANG

2. MODAL TAMPANG ini adalah hal yang paling mudah dijual. Dengan keadaan kemampuan nyanyi yang pas, apalagi yang bisa terjual? Setidaknya wajahnya masih menjual di Televisi bukan?

INIPUN ada bajakan...lihat saja poster pinggir jalan? Semua hanya hasil replika.
ATAU pernak-pernik seperti pelm-pelm Asia pada umumnya, dimana ada bantal berwajah si idol dll....itupun jadinya tidak masuk ke kantong si ARTIS bukan? semua masuk ke kantong si PEMBAJAK.

3. DANCE yang NGEPAS...ini penjelasannya sama dengan no. 1, latihan sebanyak apapun, sebagus apapun dance nya, pada akhirnya album mereka pun dibajak!

4. PLAGIAT / NYONTEK 

Membuat sebuah video klip berkualitas butuh orang ahli, perlengkapan canggih, waktu banyak, ide kreatif dll...dan semua sudah pasti butuh dana.

Membuat sebuah lagu yang bagus butuh team yang bisa menciptakan, butuh otak, waktu dan ide....terakhir sudah pasti membutuhkan dana.

SEPERTI yang telah saya katakan, dengan iklim ekonomi kita yang tidak jelas, orang lebih suka membeli album bajakan yang lebih murah, yang hasilnya BAJAKAN jadi merajalela.

Hal ini juga yang menyebabkan mengapa MV atau LAGU para boy/girl band itu hasil copotan sana-sini, KArena sekali lagi pendapatan....PENDAPATAN yang  mereka peroleh tidak akan sepadan dengan biaya yang mereka keluarkan. SAMA PERSIS sama PERIBAHASA :

Besar Tiang daripada Pasak.

Ditambah lagi, sekarang sedang populer boy/girl band yag terdiri dari lebih 3 orang. Penghasilan yang tidak seberapa dibagi 3 saja rasanya sudah sedikit sekali, apalagi dibagi 6 - 10 atau entah berapa banyak ornag lagi.....

JADI JANGAN RENDAHKAN MEREKA SEBELUM KALIAN MENGUBAH CARA BELI KALIAN!!!!!

Belilah album asli kalau ingin merubah para idola Indonesia!

PS. Ini hanya sebuah opini...Saya termasuk pihak netral yang bukan pencinta Boyband / Girlband tetapi tidak menyukai mereka yang menjelek-jelekkan para Boyband / Girlband seakan mereka benar...padahal karena merekalah si Boyband / Girlband ini menjadi seperti ini.....







1 comment:

  1. Dari pada liat yang plagiat mendingan liat yang asli hehehe

    ReplyDelete