(Lagi-lagi) Plagiat


Bagi para penggemar Morgan ex SMASH dan Nikita Willy, anda boleh dan bebas marah pada saya, namun, saya tetap akan menuliskan kekecewaan saya atas sinetron terbaru mereka.
Tidak, saya tidak menyalahkan kedua pemeran utamanya, yang saya salahkan (lebih ke saya sayangkan) adalah si pembuat cerita dan rumah produksi nya yang jelas-jelas menjiplak.

Baru-baru ini, ada sebuah K-drama yang menurut saya memang bagus, "You Who Came From The Star", drama ini dibintangi aktor yang saat ini juga sedang naik daun, yakni Kim Soo Hyun, ceritanya lucu dan romantis serta penuh dengan imajinasi, dan saat drama ini sedang tayang, mereka sangat disukai.

Sayangnya, lagi-lagi rumah produksi Indonesia kembali menjiplaknya melalui sinetron dengan judul "Kamu yang Berasal Dari Bintang". Menilik dari judul nya sih memang sama, sedangkan mengenai jalan ceritanya, saya tidak tahu.

Memang benar, kalau mau menuliskan pendapat, sudah seharus dan selayaknya saya menonton, tetapi mohon maaf saya memiliki keteguhan hati, yakni "Jika saya tidak ingin sinetron atau acara itu semakin bertahan, saya tidak akan pernah menontonnya." Anggapannya adalah seperti ini, jarang yang nonton maka rating rendah, rating rendah maka acara itu akan dihentikan. Jadi, saya tidak akan mau menonton drama yang dituduh plagiat ini.

Bukan tanpa sebab saya mengatakan sinetron ini plagiat, karena SBS, sebagai stasiun TV yang menayangkan versi aslinya sudah menuntut pihak SinemART dan RCTI atas aksi peniruannya ini karena jalan cerita dan bahkan hingga judul yang sama.

Saya menyayangkan mengapa hal ini bisa terjadi padahal, seperti yang pernah saya tuliskan di artikel tentang plagiarism sebelumnya, bahwa Indonesia itu negara yang luar biasa besar dan memiliki banyak penduduk yang kreatif, mengapa tidak menciptakan cerita-cerita sendiri saja??

Atau jika memang ingin sekali menampilkan drama Korea versi Indonesia, janganlah menjiplak, tetapi silakan sadur melalui jalur yang benar, yaitu:
1. Bicarakan dengan pihak SBS
2. Bayar royalti !!

Sayangnya banyak juga yang mengatakan kalau sinetron ini bukan hasil jiplakan, dan yang makin membuat saya terpana adalah pembelaan yang mengatakan, "RCTI dan SinemArt sudah minta ijin kok...Ya elah kakak-kakak, kalo mau membela yah mbok mikir, kalo sudah minta ijin melalui jalur yang benar, gak mungkin juga kali si SBS nuntut, bloon aja, masa ngejilat kata-kata sendiri.

Lantas kok berani-beraninya mereka menjiplak? Pendapat saya adalah seperti ini, Mereka yang menjiplak itu merasa Indonesia jauh dari Korea Selatan, naik pesawat saja butuh 7 jam, dengan perbedaan waktu 2 jam, jadi mungkin para penjiplak ini merasa tidak akan ketahuan...well sayangnya, akibat jaringan internet, sekarang ini dunia sudah tidak sebesar itu

You can judge me karena menulis tentang sinetron artis kesukaan anda sekalian, tetapi sebelum menulis komentar negatif anda, silakan subyektif menilainya.

Bayangkan, anda capai-capai menulis naskah, cerita dan memproduksinya, capai-capai mengusahakan agar rating berada di atas, tiba-tiba, orang lain menjiplak tanpa membayar jerih payah anda dengan mudahnya, apakah anda ingin hal ini terjadi pada anda?

Notes, saya pernah menuliskan tulisan mengenai plagiat disini dan disini serta disini

UPDATE : RCTI dan SinemART akhirnya memutuskan untuk menghentikan sinetron 'Kau yang Berasal Dari Bintang' setelah sempat tayang beberapa episode karena (katanya) mendengarkan banyak masukan dari berbagai pihak di web dan socmed nya, namun, benarkah karena itu? Apa bukan karena SBS menuntut?
Well apapun alasannya,..GOOD JOB buat RCTI dan SinemART karena setidaknya gak belaga kayak monyet yang TUTUP MATA, TUTUP TELINGA dan TUTUP MULUT...

UPDATE 2: Ternyata, akhirnya diteruskan, namun tentunya kali ini berIJIN!!! 2 THUMBS UP buat kalian...tapi lebih baik lagi lain kali sebelum buat jiplakan..minta ijin dulu...biar gak malu-maluin yah ^o^

No comments:

Post a Comment